BERAPA SIH BIAYA HIDUP DI JAKARTA 2019

masshendra.com Sebelum merantau ke ibukota Jakarta pasti dalam benak kalian membayangkan berapa ya biaya hidup disana? cukup gak ya kalau saya bawa uang sekian lalu kamu pasti buka mbah google dan searching "biaya hidup di Jakarta".

Itupun dulu juga saya alami saat akan ke ibukota karena mendapat penempatan kerja disana, mulailah saya searching tentang biaya hidup di jakarta meliputi biaya sewa kosann, makan, biaya transport dan biaya biaya  lainnya. Sebulan duabulan tinggal di Jakarta sayapun mendapatkan jawaban kongkrit tentang itu semua dan saya tuliskan disini agar dapat memberikan wawasan biat teman teman semua.

1. TEMPAT TINGGAL
Mencari kosan ataupun kontrakan di Jakarta tidaklah susah mulai dari harga 500K hingga jutaan rupiah. Penentuan harga kosan ataupun kontrakan di Jakarta didasarkan pada luasnya,fasilitas dan lokasinya.
Semakin luas dan lengkap fasilitasnya akan semakin mahal apalagi berada di lokasi yang strategis seperti di pusat kota,Stasiun KRL ataupun di lingkungan Kantor.

2. MAKAN
Harga makan dijakarta bervariasi mulai dari yang termurah hingga yang termahal ada tinggal selera makan kalian.
Makan pagi kamu bisa pilih bubur ayam atau nasi uduk di rentang harga 8K hingga 15K tergantung laukmu
Makan siang kamu bisa pergi ke warung tegal atau biasa disebut Warteg,kisaran harga 7K hingga 20K tergantung Lauk yang kamu pakai.
makan pagi sudah siang juga sudahnmalam masih lapar juga kamu bisa makan nasi goreng dengan harga termurah 12K atau pecel lamongan yang harga ayam plus nasi bonus teh tawar hangat seharga 18K

3. TRANSPORTASI
Untuk transportasi kamu bisa pilih jalan kaki, naik motor sendiri atau menggunakan angkutan Umum.
Angkutan umum ada banyak pilihan mulai dari ojek,bajaj, busway, krl ataupun kendaraan umum lainnya.
Seperti halnya saya yang ke stasiun krl harus naik angkot 3K lanjut naik krl sebesar 7K total 10K pulang pergi 20K

4. PULSA DAN LISTRIK
Pulsa jangan lupa kamu anggarkan untuk sekedar beli paketan internet agar bisa terhubung dengan teman temamu,paketan sebulan saya habis 160K itupun cuman dapat kuota 32GB danitupun masih bisa membengkak jika ditengah bulan kuota sudah habis dan harus beli paket internet lagi.
Besaran biaya listrik tergantung dari banyaknya alat elektronik yang kamu pakai. Untuk biaya Listrik sebulan habis 50K cuman buat charger hp, laptop, lampu dan kipas Angin.

5. KEPERLUAN PRIBADI
Keperluan pribadi sebulannya habis kurang lebiih 150K untuk beli Shampo Pasta gigi sabun mandi dan sabun cuci itupun masig sisa.

6. BIAYA LAIN LAIN
Tinggal di Jakarta kamu harus membawa biaya lebih karena kadang ada kebutuhan atau keinginan mendadak seprti nongkrong di kafe ataupun sekedar nonton di bioskop yang jika di hitung sebulan kurang lebih menghabiskan 400K.

Jadi total berapa biaya hidup di Jakarta dalam sebulan?? mari kita hitung,

KONTRAKAN                            700.000
Makan sehari @50K X 30 = 1.500.000
TRANSPORT @20K X 30    =    600.000
PULSA DAN LISTRIK         =    210.000
KEPERLUAN PRIBADI       =    150.000
NONGKRONG                      =    400.000
                                                ---------------- +
                  TOTAL                    3.560.000       

Jadi sebulan biaya yang harus kamu keluarkan secara teori sekitar Rp. 3.560.000, waw banyak banget. Namun biaya tersebut bisa kamu pangkas lagi dengan cara mengurangi lauk makanmu misalnya yang biasanya pakai ayam kamu ganti pakai lauk tempe atau masak sendiri bisa lebih hemat lagi dan untuk memangkas biaya transport kamu bisa cari kosan yang tidak jauh dari tempat kerjamu.
Biaya segitu belum saya masukkan untuk biaya beli merokok,karena saya tidak merokok.
Ok sekian dulu semoga tulisan ini bisa memberikanmu gambaran tentang besaran biaya hidup di jakarta di tahun 2019.